Rabu, 07 Agustus 2013 - 01:46:52 WIB

THIS IS BDGSKATEBOARDING VOL 2


"Bulan Puasa adalah peak sales dari industri clothing di Bandung. Namun kini, dikarenakan banyaknya brand yang bermunculan, kompetisi antar brand menjadi semakin ketat. Setiap brand kini bersaing dan berlomba-lomba untuk merebut konsumen dengan berbagai program promosi lifestyle yang mereka tawarkan. Akibatnya kini market share yang asalnya mendapat porsi besar dan terbagi-bagi karena banyaknya pilihan brand.

Dari awal dekade 90-an, skateboarding scene Bandung tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu motor penggerak utama dari street culture dan industri clothing yang kini marak di Bandung. Lifestyle subculture skate berperan sangat penting dan hingga kini masih dijadikan barometer terpenting dari street fashion. Selain itu, scene skateboard di Kota Bandung memiliki ruang lingkup yang luas dan sangat erat sehingga scene skateboard mempengaruhi setiap "movement" lainnya yang tergolong keren.

Penggunaan media internet sebagai lahan baru promosi dianggap memegang peranan yang krusial mengingat tingginya angka penggunaan internet dan trend micro bloging melalui HP di Indonesia. Hal ini dapat kita buktikan ketika kita mencermati fakta bahwa statistik angka pengguna twitter, facebook di Indonesia menempati peringkat 10 terbesar di dunia. Inilah media promosi yang paling efektif dan efisien dalam menjangkau pasar potensial." ~ Bayu Laksmono

This is  #BDGSkateboarding!

this is BDGskateboarding

“This is #BDGskateboarding" adalah kegiatan yang dipelopori oleh kulturklash.com, Kultur Klash merupakan webzine yang berbasis kepada skateboard. Didirikan oleh skateboarder dan didedikasikan demi skateboarder. Istilah #BDGskateboarding menjadi bagian yang penting saat ini, dunia internet sedang hype dan jejaring sosial menjamur di generasi muda Indonesia.

this is BDGskateboarding

this is BDGskateboarding

#BDGSkateboarding vol.2 merupakan bentukan acara yang tidak jauh berbeda. Acara ini masih mengadopsi konsepsi awal, tetapi yang menjadi perbedaan adalah materi acara dan pemaknaan yang disampaikan kepada skateboarder dan teman yang menghadiri acara ini.

Lapangan basket Gelora Saparua merupakan satu-satunya ruang terbuka yang kami anggap berkualitas dan mencukupi kebutuhan ber-skateboarding saat itu.

Acara yang di-remake oleh Alleymagz.com dan beberapa bagian dari @BDGSkateboarder merupakan acara silaturahmi dan bentuk kepedulian terhadap scene skateboard kota Bandung. Acara ini dihadiri oleh 30% skateboarder kota Bandung yang terdiri dari beragam generasi oldskool to newskool, dan juga dihadiri oleh skateboarder asal luar kota Bandung.

this is BDGskateboarding

 this is BDGskateboarding

this is BDGskateboarding

Acara yang berlangsung pada bulan Ramadhan menjadikan acara ini sebagai acara yang berbeda, Alley Magz melihat perbedaan ini pada tema dan kegiatan di dalamnya, kegiatan yang dimulai dari sore hingga malam ini diisi oleh beragam kegiatan, dimulai dari ngabuburit (istilah bahasa Sunda yang berarti menghabiskan waktu menjelang malam), buka bersama, footage skate video, live DJ, beragam game, products give away, live tweet dan live instagram, menjadikan acara ini sebagai acara yang kompleks.

Terdapat beragam acara pada tanggal 27 July 2013, sehingga fokus dari masyarakat kota Bandung tersebar dan kemacetan memenuhi beberapa ruas jalan. Tetapi kompleksitas kota Bandung dapat dihiraukan dan acara ini dapat terlaksana. Acara yang di support oleh skateboarder kota Bandung menjadikan acara #BDGSkateboarding terdefinisi, karena hanya komun ini yang berani mengangkat tajuk yang berbeda.

this is BDGskateboarding

Di sela-sela acara, gerimis sempat menjadi terror akan tetapi acara ini dapat terus berlangsung tanpa hujan walau ternyata kegiatan diluar yang berbeda hanya beberapa puluh meter dari acara kami seperti launching tempat pangkas rambut kondang dan kegiatan wisuda salah satu perguruan tinggi yang terganggu oleh hujan deras.

this is BDGskateboarding

this is BDGskateboarding

Back to skate; Old school, Norman Genta, Anjar, Tertia, Domdom, Firman Endo, Pevi Permana, Niels, Adymas, Anggi TG, Bembi, Rekti, Soffi, Rizki G.A dan “skate rockstar" lainnya menjadi pusat perhatian pada acara ini. Mereka merupakan sosok yang merepresentasikan karakter dari Bandung.

 this is BDGskateboarding

Obstacle yang mengisi acara ini, merupakan obstacle standar dan memenuhi kebutuhan dari seluruh skateboarder kota Bandung. Obstacle tersebut adalah; 4ft quarter pipe, launch ramps, box, manual pad + flat bar dan kicker.

 this is BDGskateboarding

this is BDGskateboarding

Style. Pada acara ini dapat terlihat pola ber-skateboarding yang beragam. Bukan pencitraan tapi ekspresi. Ekspresi dalam skateboarding berbeda, ekspresi ini jujur dan bebas sesuai dengan kehendak dari skateboarder itu sendiri dan tidak dibuat-buat.

 

this is BDGskateboarding

This is: #BDGSkateboarding selain mengekspresikan style dari skateboarder Bandung, acara ini mewadahi komun dan menjalin tali silaturahmi, karena ini Indonesia, negara yang erat dengan nilai tradisi dan jalinan kekeluargaan. Sehingga acara lebih memfokuskan kepada kebersamaan komun, bukan kepada individu.

this is BDGskateboarding 

After all, Alley Collective yang menggaet @BDGskateboarder sebagai partnernya untuk “This Is #BDGSkateboarding vol.2" dapat terlaksana,  terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung acara ini. Skateboarding Bandung berbeda dan komun ini bukan hanya bagian kecil tapi juga pembentuk wajah kota Bandung.

this is BDGskateboarding

LITTLE PARTS BUT DIFFERENT. SEKIAN DAN SELAMAT BER-SKATEBOARDING!

Words: Alley Collective

Photos: Soffi Gahara  & Adithya Gumilang - @BDGskateboarder 

Video: Dimas Kikilz – ThisThatMedia 




EVENTS


SUBSCRIBE


TOP STORIES

CONTEST