ALLEY MAGZ X BUQIET SKATEPARK 2018

“Setiap brand kini bersaing dan berlomba-lomba untuk merebut konsumen dengan berbagai program promosi lifestyle yang mereka tawarkan. Akibatnya kini market share yang asalnya mendapat porsi besar,-terbagi-bagi karena banyaknya pilihan brand lain. Dari awal dekade 90-an, skateboarding scene Bandung tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu motor penggerak utama dari street culture dan industri clothing yang terus maju berjalan dinamis. Lifestyle subculture skate berperan sangat penting dan hingga kini masih dijadikan barometer terpenting dari street fashion. Selain itu scene skateboard di kota Bandung memiliki ruang lingkup yang luas dan sangat erat sehingga mempengaruhi setiap “movement” lainnya yang tergolong keren.

Penggunaan media internet sebagai lahan baru promosi dianggap memegang peranan yang krusial mengingat tingginya angka penggunaan internet dan trend micro blogging melalui HP di Indonesia. Hal ini dapat kita buktikan ketika kita mencermati fakta bahwa statistik angka pengguna media sosial di Indonesia menempati peringkat 10 terbesar di dunia. Inilah media promosi yang paling efektif dan efisien dalam menjangkau pasar potensial.”

~ Bayu Laksmono.

Pada tahun 2013 AlleyMagz.com yang digerakan oleh komun bernama Alley Collective membuat satu acara “This Is BDG Skateboarding vol.2” kegiatan gathering yang ditujukan untuk mengenalkan skateboarder, supporter dan penggiat usaha dilingkungannya. Acara ini pertama kalinya dipelopori oleh webzine berbasis skateboard bernama Kulturklash.com, didirikan oleh skateboarder dan didedikasikan demi skateboarder. Alley Collective menyambung bentukan acara yang tidak jauh berbeda saat itu dengan awal yg dibuat oleh Bayu Laksmono sebagai pemrakarsa Kultur Klash, tapi yang menjadi perbedaan adalah materi acara dan pemaknaan yang disampaikan pada skateboarder dan teman-teman yang menghadirinya. Lapangan basket Gelora Saparua merupakan satu-satunya ruang terbuka yang kami anggap berkualitas dan mencukupi kebutuhan berskateboarding saat itu.

Saat ini di tahun 2018, Bandung sudah mempunyai semakin banyak brand yang terlahir dari pecahan-pecahan komunitas terdahulunya, Alley Collective yang latarnya adalah bagian dari @BDGskateboarder berusaha mengembalikan lagi romantisme antar skateboarder dan semua aspek yang meliputi dengan menyambung acara silaturahmi 5 tahun sebelumnya, tapi di tempat yang berbeda yaitu Buqiet Skatepark. Selain untuk memperkenalkan, mengalurkan kembali akar dari komunitas, juga kepedulian kami terhadap skatepark ini cukup besar karena bagaimanapun pelopor indoor skatepark yang didirikan pada tahun 2001 ini tentunya telah banyak melahirkan skateboarder berprestasi di Indonesia, salah satunya Pevi Permana yang kemarin menjadi juara di Asian Games 2018.

Acara kali ini dihadiri lebih dari 500 orang yang hilir mudik berlangsung dari siang, diisi dengan live DJ Anjar/ Unjar, B.U.Y.U.N.X, Lucky Soundsystem, Gandhi dan Nisu, pameran karya dari Dialog Analog, Ginanjar Mugi, Lucky Widhiantara/ Lucas and Sons, MDKR, dan Soffi Gahara, lalu product give away, dan games yang menjadikan acara ini sebagai acara yang kompleks. Ada beragam acara saat itu, sehingga fokus dari masyarakat kota tersebar, tetapi kompleksitas dapat dihiraukan dan acara ini dapat terlaksana, menjadikan acara ini terdefinisi, karena hanya komun ini yang berani mengangkat kembali tajuk paling penting, sebuah akar aktifitas dari semua komunitas keren di Bandung.

Style! Pada acara ini dapat terlihat pola ber-skateboarding para skateboarder dan karakter pengisi acara yang beragam, bukan sebagai pencitraan tapi ekspresi, ekspresi dalam bermain skateboard atau menginterpretasikan musik, gaya atau karyanya secara berbeda, jujur dan bebas sesuai dengan kehendaknya masing-masing, tidak dibuat-buat, membuat acara ini menjadi wadah untuk saling mengenali banyaknya perbedaan, karena kita tinggal di tempat yang mempunyai banyak perbedaan nilai tradisi tapi erat dengan jalinan kekeluargaan, sehingga kebersamaan komun menjadi fokus, bukan kepada individu.

After all, Alley Collective yang menggaet Buqiet Skatepark sebagai partnernya untuk collab dapat terlaksana, terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung acara ini. Komunitas di Bandung berbeda-beda, mereka tidak hanya bagian kecil tapi juga pembentuk wajah kota Bandung.

Words & Video: Alley Collective Photo: Soffi Gahara

Share this post :

Share on facebook
Share on twitter
Share on tumblr
Share on whatsapp
Share on email
Share on print
Alley Magz
Alley Magz
Your daily destination for the urban culture information, every latest news about art, music, fashion and design, shout out loud in here. Get more advantages that you never encountered in other media. Submit your promotions in our affairs, because we are more vocal. While other media moving static, we move dynamically. While other media to think inside the box, we think outside the box. Because its Alley Magazine and We shout Louder.
Popular Post :

Related Post

Sawer Sunday EPS03

Episode ke-3 ini lebih seru, cuacanya bagus, skateboardernya semakin banyak, tapi videonya harus dibagi biar ga kepanjangan entar males kan nontonnya,

Read More »

Grill & Grind

Dec, 29th 2019. Skateboarding Jawa Barat and Buqiet Skatepark Presents: GRILL & GRIND, a skateboard competition, bowl games, DJs, and free burgers.

Read More »

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *